Skip to main content

Siapa sih Fridtjof Nansen, Tokoh Google Doodle Hari Ini

Fridtjof Nansen adalah

www.sobatmasngguh.com - Hello sobat ketemu lagi dengan mas ngguh kali ini saya akan membahas tentang Doodle Google Hari ini, coba deh kalian buka google nya pasti tampilan google nya berbeda, nah siapa sih Fridtjof Nansen itu ?, oke disini saya akan berbagi sedikit informasi tentang Fridtjof Nansen .

Fridtjof Nansen adalah seorang ilmuwan yang suka menjelajah, diplomat yang mengutamakan sisi kemanusiaan, peraih Nobel Perdamaian, dan juga menjadi juara lomba ski saat dia masih muda.

Baca Juga :: 3 Angkatan Tentara Nasional Indonesia Yang Belum Kamu Ketahui !!!

Fridtjof Nansen lahir pada 10 Oktober 1861 dan meninggal pada 13 Mei 1930. Nah, hari ini merupakan hari ulang tahunnya yang ke 156. Maka itu, Google menjadikannya sebagai inspirasi dalam pembuatan Google Doodle hari ini.

Google Doodle hari ini menampilkan gambar Fridtjof Nansen, Eksplorasi Kutub Utara

Pada abad ke 19, orang-orang belum tertarik untuk datang ke Kutub Utara. Tapi pada tahun 1893, Fridtjof Nansen memimpin perjalanan untuk menjadi orang pertama yang berhasil mencapai Kutub Utara. Sayangnya perjalanan itu gagal. Namun perjalanan itu tercatat sebagai penjelajahan yang paling ke utara saat itu dan menjadi acuan bagi orang-orang yang ingin mencapai Kutub Utara atau Selatan.

Baca Juga ::  Tokoh Indonesia Yang Paling Di Takuti Amerika Srikat

Nansen Passport

Pada tahun 1920an, setelah Perang Dunia I selesai, Fridtjof Nansen melihat para tawanan dan pengungsi dan merasa kasihan karena mereka tidak mempunyai kewarganegaraan.

Maka itu, ia berinisiatif mengadakan konferensi internasional di Jenewa untuk membuat sebuah dokumen perjalanan bagi para pengungsi agar bisa diterima di negara lain. Dokumen ini lalu dikenal dengan nama Nansen Passport dan dibagikan kepada 450.000 pengungsi serta diakui oleh 52 negara.

Nobel Perdamaian

Usaha Fridtjof Nansen dalam membantu para pengungi tidak terhenti sampai di situ, lo. Selain menciptakan Nansen Passport, ia juga membantu orang-orang untuk mencari rumah baru setelah perang. Maka itu, ia diberi Nobel Perdamaian sebagai penghargaan atas semua kebaikannya.

Bagaimana sobat sekarang sudah tau kan siapa Fridtjof Nansen itu , semoga bisa membantu menghilangkan rasa penasaran sobat semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar