10 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

10 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan



Hello sobat di artikel Kali ini Mas Ngguh mau membahas tentang 10 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan sobat, apa sih manfaat sayuran segar mentimun ini yang suka di olah ibu ibu di dapur ini, oke sobat baca terus artikel ini ya.

Mentimun adalah sayuran keempat yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk kesehatan seluruh tubuh anda dan sering disebut sebagai makanan super.

Namun anda tetap harus waspada, karena mentimun seringkali disemprot dengan pestisida sehingga sangat penting untuk memilih yang organik atau bahkan lebih baik, tumbuh dengan sendirinya.

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit sob.

Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit sob. 

Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Mungkin banyak yang belum tau apa sih manfaat dari buah mentimun ?  , oke kali ini Mas Ngguh akan memberikan sedikit informasi tentang 10 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan . 

1. Menyegarkan dengan cepat

Mentimun merupakan sumber vitamin B yang baik. Letakkan soda dan kopi anda dan makanlah satu buah mentimun.

2. Rehidrasi tubuh dan mengisi ulang vitamin harian

Mentimun, yang terdiri dari 95 persen air, menjaga tubuh tetap terhidrasi sambil membantu menghilangkan racun. Mentimun memiliki sebagian besar vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari. Jangan lupa untuk mengkonsumsi kulitnya juga karena kulit mentimun mengandung jumlah yang baik dari vitamin C, kurang lebih memenuhi 10 persen dari kebutuhan per hari yang disarankan.

3. Perawatan kulit dan rambut

Ini mungkin manfaat mentimun yang tak terduga. Jika anda tidak suka memakan kulitnya, maka dapat digunakan sebagai penyembuhan iritasi kulit atau kulit yang terbakar sinar matahari. Tempatkan sepotong mentimun di atas mata yang bengkak dan sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi bengkak. Silikon dan sulfur yang terkandung dalam mentimun membantu merangsang pertumbuhan rambut.

4. Melawan kanker 

Salah satu manfaat mentimun yang mengagumkan adalah kemampuannya dalam melawan kanker. Mentimun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan ini memiliki sejarah penelitian yang kuat terkait dengan penurunan risiko terkena beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat.

5. Perawatan Rumah

Manfaat mentimun berikut ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang. Mentimun memiliki khasiat dalam membersihkan cermin yang berembun. Sebelum mandi, gosokkan sepotong mentimun sepanjang cermin dan ini akan menghilangkan embun pada cermin. Dibanding menggunakan WD40, ambillah sepotong mentimun dan gosokkan sepanjang engsel yang berderit dan pintu anda akan berhenti berbunyi.

6. Meredakan bau mulut

Mentimun juga memiliki manfaat dalam mengatasi bau mulut. Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut anda dengan lidah selama 30 detik. Kandungan phytochemcials dalam mentimun akan membunuh bakteri di mulut anda yang bertanggung jawab menyebabkan bau mulut.

7. Mengatasi mabuk

Untuk menghindari mabuk pagi atau sakit kepala; makan beberapa iris mentimun sebelum tidur. Mentimun mengandung cukup gula, vitamin B dan elektrolit untuk menambah banyak nutrisi penting, sehingga mengurangi intensitas baik mabuk maupun sakit kepala.

8. Membantu pencernaan dan penurunan berat badan

Karena memiliki kalori yang rendah dan kandungan air yang tinggi, mentimun merupakan makanan diet yang ideal untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan air yang tinggi dan serat makanan dalam mentimun sangat efektif dalam membersihkan sistem pencernaan tubuh dari racun sehingga membantu pencernaan. Konsumsi harian mentimun dapat dianggap sebagai obat sembelit yang kronis.

9. Mengobati diabetes, mengurangi kolesterol dan mengendalikan tekanan darah

Manfaat mentimun lainnya yang sangat penting berhubungan dengan diabetes, kolesterol dan tekanan darah. Jus mentimun mengandung hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, yang bermanfaat bagi pasien diabetes. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam mentimun dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Mentimun juga mengandung banyak kalium, magnesium dan serat, yang bekerja secara efektif dalam mengatur tekanan darah. Hal ini membuat mentimun baik untuk mengobati tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi.

10. Meningkatkan kesehatan sendi, mengurangi nyeri akibat radang sendi dan encok

Mentimun merupakan sumber silika yang sangat baik, yang dikenal dapat membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat. Mentimun juga kaya vitamin A, B1, B6, C, D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, mentimun bisa meredakan nyeri radang sendi atau encok serta membantu menurunkan kadar asam urat.

Bagaimana ? Sekarang jadi tau kan apa sih Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan kita sendiri, oke mungkin segitu saja untuk artikel kali ini semoga bermanfaat sobat. 

3 comments

wah banyak juga ya khasiatnya,,, untung ane suka makan timun pcel lele,,

Balas

Iya mas memang mantap manfaat nya

Balas

Ternyata banyak juga ya manfatnya.,. makasih sob infonya

Balas